Kamis, 07 Juni 2012

Deskripsi Singkat Kegiatan Donor Darah STIS. Jum’at, 4 Mei 2012.


        Persiapan
Dalam persiapan kegiatan DORAH kemarin, teman2 panitia telah melakukan yang terbaik sesuai yang mereka bisa. Awalnya sempat kesulitan karena CS yang mengurusi tempat dan peminjaman alat2 belum datang sehingga harus menunggu cukup lama. Tetapi akhirnya datang dan langsung kita bergerak.
Persiapan pertama kali adalah mempersiapkan ruangan (VIP 2). Mulai dari membersihkan ruangan, mengatur meja kursi dsb. Kemudian beralih kebagian luar atau kebagian Entry data, cek hemoglobin, tempat tunggu pasien Dorah yang sudah Positif untuk Dorah. Mulai dari mengangkat Kursi Panjang, Beberapa Sofa, Beberapa Meja, dan Beberapa Kursi untuk ruang tunggu.

        Pelaksanaan
Dalam pelaksaannya, awalnya berjalan dengan baik dan diharapkan sesuai dengan yang diharapkan. Para calon pendonor mendaftarkan diri mereka dan melakukan registrasi terlebih dahulu. Dan tahapan-tahapan selanjutnya. Tetapi pada pertengahan kegiatan, Dokter yang melaksanakannya mengeluh karena ruangan yang pengap dan kurang dingin, mungkin dikarenakan AC yang kecil. Akhirnya karena tidak bisa, maka dipindahkan ke bagian luar, tepatnya dibagian samping ruangan VIP 2. Dengan Sigap, panitia bergerak sebisanya, dan akhirnya kegiatan Dorah dapat dilanjutkan kembali.
Alhamdulliah semua berjalan lancar. Tetapi sempat terjadi kekecewaan diantara pendonor yang menunggu yakni karena mereka tidak kebagian kantong darah sehingga diberitahukan bahwa mereka tidak bisa menjadi pendoor saat itu.
Diakhir-akhir  kegiatan, Dokter pelaksana memberikan masukan kepada UPM agar jika nanti mengadakan kegiatan Dorah lagi agar memikirkan masalah tempat yang memadai, fasilitas AC dsb. Permintaan mereka kalau bisa didalam AUDIT sehingga bisa leluasa mengatur ruangan dan kondisi rungan yang dingin. 

Denah ruangan untuk donor darah (rencana awal)
Ka Dede lagi dorong2 kursi buat nunggu donor darah

Bu Ana lagi registrasi untuk donor darah

 Pa Agung dan Pa Dokhi lagi cek Hb

Tahap selanjutnya adalah cek kesehatan pendonor

 Pa Agus lagi dicek kesehatan dan hasilnya tidak bisa donor gara-gara darah tinggi. ckckck

 Bu Ana lagi donor darah

Pa Agung Priyo saat sedang mendonor darah.

 Pa Dokhi lagi donor darah. Pa Dokhi ini paling lama donor darahnya mungkin ada kira2 setengah jam. Kata Pa Dokhi mungkin darahnya masuk lagi ke badan -,-""

Dikarenakan AC yang tidak dingin akhirnya tempat donor dipindah ke luar

Saking santainya donor sampai sampai ada yang sambil dengerin musik

Komandan UPM lagi sarapan pake coki-coki -,-""
mohon jangan dicontoh


Kalo mau lihat foto-foto narsis dari kegiatan donor darah UPM lainnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar