Jumat, 28 November 2014

Tips Menjaga Kesehatan saat Menjelang Ujian



Jangan Tidur terlalu Malam 
Kita memang membutuhkan pengusaan yang tinggi terhadap pelajaran yang akan di diujikan. Dari pagi hingga malam, seringkali buku tidak lepas dari pegangan. Tapi, kita juga harus sadar bahwa otak yang bekerja seharian butuh istirahat. Oleh karena itu, jika belajar malam usahakan tidur di bawah jam 10.00. Dengan tidur seperti itu, maka pada paginya adik akan merasakan kesegaran yang nyaman. Tidur yang kurang akibat terlalu memforsirkan belajar justru akan membuat kita sakit dan tidak konsentrasi dalam ujian. 

Makan yang Teratur 
Ketika kita tinggal dengan orang tua, terkadang orang tua menasihati kita dengan kata-kata "nak, makan dulu, entar sakit". Perkataan seperti itu sering kali muncul saat anda sedang sibuk belajar. Walaupun saat ini sebagian besar kita merantau dan jauh dari orang tua, bukan berarti pola makan kita menjadi tidak teratur karena tidak ada yang mengingatkan. Pola makan sebaiknya jangan disepelekan karena saat kita belajar maka otak terkuras dengan soal-soal dan pembahasan yang dihadapi. Kita memerlukan nutrisi di saat yang tepat agar otak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menunda atau sampai lupa makan. Makanlah dengan tertatur dan tepat waktu. 

Konsumsi Makanan Bergizi 
Jika selama ini kita hanya makan lauk pauk sederhana, maka saat mendekati dan berlangsungnya ujian sebaiknya menu makan kita diubah. Siapkanlah makanan yang bergizi, protein, sehingga bisa membantu otak anda berpikir dan kesehatan anda terjamin dari makanan tersebut. Dengan demikian, otak akan dapat bekerja secara maksimal saat ujian berlangsung. 

Olahraga 
Saat kepenatan pikiran atau mulai pusing saat belajar, luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga sejenak. Tak perlu olahraga berat yang menguras banyak tenaga, cukup olahraga sederhana seperti senam sederhana maupun jogging. Karena dengan melakukan olahrga, badan anda akan tetap sehat dan kuat. 


Sekian artikel kesehatan kali ini.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar